Program Desa

Related Post

Pesona Alam Hutan Mangrove Desa Kao

Hutan mangrove Merupakan Kawasan yang dilindungi Selain Karena banyaknya organisme yang hidup disitu. Hutan mangrove juga menyumbangkan oksigen bagi Alam, Maka tak heran banyak yang menjuluki sebagai paru-paru Dunia.

Ada banyak lokasi hutan mangrove di Indonesia namun Hutan mangrove teluk Kao yang tepatnya berada Di Desa Kao, Kecamatan Kao Kabupaten Halmahera Utara ini banyak memiliki keunikan yang berbeda dengan Kawasan Hutan Mangrove lainnya.

Selain luasannya yang besar Kurang lebih 300 Hektare juga didalamnya Ada Jenis mangrove yang tidak Ada di tempat lain. Jenis mangrove ini sering disebut masyarakat sebagai Fika-fika

Jenis Jenis mangrove

Selain Itu hanya Disini hutan mangrove memiliki pantai yang tepiannya penuh dengan Buah khas Teluk Kao ” Tome tome”
Hanya Disini Pantai yang kaya akan Biota Laut. Aneka Bia bia (Kerang)

Hanya disini pantai yang dikelilingi Hutan Mangrove yang didalamnya terdapat Gatang (kepiting), Udang, Bia, dan beberapa Jenis burung seperti Burung Mamua, Moleu, dll.
Ya Hanya Disini Pantai Desa Kao.
#TanjungBoleu

Kita sengaja membiarkannya alami agar hanya Kita yang menikmatinya.
Disini Tempat persembunyian Kami kala bosan dengan kebisingan.

Disini tempat kami mengenang masa kanak kanak.
Disini kami memulai lagi dengan cerita cerita lama yang dianggap Kuno.

Karna disini Punya banyak cerita tentang makna nama “Teluk Kao” HALMAHERA.

Saat Ini tepian pantai Hutan mangrove Kao Ini terancam abrasi Dan juga banyak biota yang terancam punah salah satunya hewan endemik Yaitu Burung Mamua Atau Gosong Maluku.

Olehnya Itu ditahun ini Pemerintah Desa Kao dibantu Oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantata (AMAN) Maluku Utara Akan membuat Kawasan konservatif untuk melindungi Burung langkah Ini. Konon Jenis Burung Mamua ini Di Indonesia hanya berada Di Hutan Mangrove Kao, Mamuya Galela Dan Ambon.

Kedepan Pemerintah Desa Kao berencana Selain melakukan Budidaya Burung Meleu/ Mamua /gosong Maluku sebagai Daya Tarik Wisata, juga akan dilakukan Budidaya Kerang, Kepiting, Dan Udang dalam satu paket Kawasan Wisata Hutan Mangrove Desa Kao.

Tentu Perencanaan ini Akan sulit direalisasi Jika tidak Ada kerja Sama yang baik antara semua pihak terutama masyarakat, Pemerintah, Lsm, Dan media.

Semoga Perencanaan Di 2019 Kawasan Hutan Mangrove Desa Kao sebagai salah satu Kawasan Mangrove Terbesar di Indonesia ini mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Halmahera utara dan juga Pemda Maluku Utara.
—————————————
www.wisatadesakao.com
—————————————-

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *