Program Desa

Related Post

Kandang Kambing :Merubah Masalah menjadi Peluang

Kandang Kambing :Merubah Masalah menjadi Peluang

Salah satu program kerja Desa Kao pada tahun 2018 ini Yaitu Pembuatan Kandang Kambing. Sesuai dengan Rencana kerja Pembangunan Desa (RKP) Desa Kao tahun 2018 Sesuai hasil musrembangdes.

Alasan Kenapa Kandang Kambing Harus dibuat yaitu Karena banyaknya ternak kambing masyarakat yang berkeliaran bebas dilingkungan pemukiman dan hal ini sangat mengganggu kenyamanan masyarakat lainnya.

Diantaranya adalah mengganggu lingkungan hidup karena kambing membuang kotoran dijalan, diteras rumah warga Serta banyak tanaman dihalaman rumah yang tidak jelas dari incaran kambing bagai tak bertuan.

Dengan banyaknya keluhan masyarakat ini sehingga pemerintah Desa Kao membuat Peraturan Desa Kao tentang Pelestarian lingkungan hidup. Dimana didalamnya diatur tentang pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh Ternak Dan sampah.

Meski telah disosialisasi ke masyarakat tentang perdes ini namun banyak masyarakat seakan tidak menggubrisnya. Kelemahan dari pemerintah Desa Kao yaitu belum melakukan penindakan Sesuai sanksi yang tertuang didalam perdes yaitu denda hingga penangkapan Ternak yang berkeliaran bebas.

Olehnya Itu ditahun 2018 ini Pemerintah Desa Kao bersama BPD Dan juga Ketua ketua Rukun Tetangga (RT) bersepakat untuk perlu adanya pembuatan Kandang Kambing.

Selain bertujuan untuk penertiban Ternak untuk menciptakan lingkungan hidup desa yang Sehat,diharapkan dengan adanya kandang kambing ini bisa mendatangkan pendapatan bagi Desa.

Demi meningkatkan Pendapatan Asli Desa Maka rencananya Kandang Ternak Kambing ini Akan dikelolah oleh BUMDes Sinar Kao sehingga menjadikan kambing sebagai salah satu komoditas unggulan Desa Kao.

Bumdes Sinar Kao akan mengelolah kambing menjadi produk Sate Kambing khas Kao, Abon Kambing, Dan aneka makanan olahan lainnya yang bahan bakunya dari daging kambing.

Selain itu kotoran kambing akan dimanfaatkan sebagai campuran pupuk organik yang juga akan diproduksi Oleh Bumdes Sinar Kao.

Dengan demikian Maka targetnya di tahun 2019 Desa Kao sudah bisa merubah masalah kambing ini menjadi Peluang untuk mendatangkan Pendapatan Asli Desa.

Harap Di bagikan Dan berikan masukan dikolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *