Program Desa

Related Post

Penyelenggaraan Pemerintah Desa

Penyelenggaraan Pemerintah Desa

Penyelenggaraan Pemerintah desaUndang – undang Desa yang diterapkan saat ini diantaranya mengatur secara jelas tentang bagaimana menyelenggarakan Pemerintah Desa yang transparan dan profesional.

Ada beberapa hal pokok dalam undang – undang Desa nomor 6 tahun 2014 yang mengatur tentang mekanisme Penyelenggaraan Pemerintah Desa diantaranya yaitu

  1. Pemerintah desa
  2. Kepala desa;
  3. Pemilihan kepala desa;
  4. Pemberhentian kepala desa;
  5. Perangkat desa;
  6. Musyawarah desa;
  7. Badan Permusyawaratan Desa; dan
  8. Penghasilan pemerintahan desa.

Pemerintah Desa yang dipercayakan oleh Masyarakat untuk melakukan Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan pembangunan Desa harus bekerja secara profesional, Amanah, bersih, transparan, dan memiliki loyalitas tinggi untuk mengabdi pada bangsa dan negara melalui Desa. Karena Desa adalah Hakekat dari keberadaan suatu Bangsa dan Pemerintah Desa merupakan Garda terdepan Pembangunan Bangsa.

Rapat Pemerintah Desa Kao

Sesuai Pasal 25 undang – undang Desa diatur bahwa Pemerintah Desa yaitu Kepala Desa ditambah dengan Perangkat Desa yang memiliki 4 ( empat ) Tugas pokok yakni :

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa,
  2. Melaksanakan pembangunan desa,
  3. Melakukan Pembinaan Masyarakat desa, dan
  4. Memberdayakan masyarakat desa.

Untuk melaksanakan Tugas tersebut maka Pemerintah Desa harus Kreatif dan Inovatif. dalam artian tidak kaku dalam memaknai sebuah Aturan. dan lebih pada bagaimana menyesuaikan dengan Kondisi Desa dan masyarakatnya.

Meski demian tentu setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah desa harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Semoga Penyelenggaraan Pemerintah Desa dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan akan pelayan kepada masyarakat bisa berjalan dengan baik. amin

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *